Lihat Lebih Dekat

 Bila kita dapat memahami

Matahari menemani kita dalam kehanggatan

Hingga sang rembulan bersenandung

Meninabobokan seisi dunia

Dalam lelap setia, tanpa terpaksa

Bila engkau dapat mengerti

Sahabat adalah setia

Dalam suka dan duka

Kau kan dapat berbagi rasa untuknya

Begitulah seharusnya jalani kehidupan

Setia…setia… dan tanpa terpaksa.

Mengapa bintang bersinar , mengapa air mengalir, mengapa dunia berputar

Lihat segalanya lebih dekat, dank au akan mengerti.

Masih ingat dengan lagu itu? Lagu di atas adalah theme song dari film Petualangan Sherina. Film ini salah satu film favorit saya waktu jaman masih polos sampe sekarang. Filmnya bagus banget dan soundtracknya juga enak-enak. Sampe sekarang pun saya masih suka dengerin lagu dari soundtrack film ini. Lagu-lagu dari soundtrack film ini, menurut saya lebih enak daripada lagu anak-anak jaman sekarang yang isinya sudah cinta-cintaan dan lebih enak dari lagu-lagu boyband atau girlband produk Indonesia. Coba deh dengerin dan resapi kayak waktu nyeruput coklat panas dikala hujan. Lagu di soundtrack film ini bener-bener niat bikinnya. Lagunya enak, lengkap dengan diiringi orchestra, dan liriknya kalo dicermati lebih, banyak mengandung pesan yang mendalam. Ini lagu anak-anak LOH, tapi isi liriknya tentang kehidupan, bagaimana harus menjalani hidup ( itu yang saya tangkap dari lagu di atas). Beda banget khan dengan lagu-lagu jaman sekarang. Isinya pasti gak jauh-jauh tentang cinta, patah hati, selingkuh, cari alamat, goyang itik sampe cenat-cenut juga di jadiin lagu.

Hmmm~~~ terkadang saya rindu dengan lagu-lagu seperti ini dan akhirnya jika sudah bosan dengan lagu-lagu jaman sekarang, saya lebih memilih mendengarkan lagu instrumental daripada saya cenat-cenut sendiri karena liriknya lagunya pada goyang itik semua. Hehehe  😀

Sebenarnya, saya gak mau bahas tentang goyang itik yang lagi cenat-cenut karena bingung cari alamat, tapi saya mau share tentang isi dari lirik lagu dari OST film ini yang penuh makna (bagi saya) itu.

Betewe, lagu di atas, juga theme song dalam hidup saya looh. Ciieeehhh!!! Entah, saya suka ajah dan setuju banget dengan lagu itu. Sebenarnya  semesta juga salah satu guru yang paling baik. Itu yang bisa saya tangkap. Tapi sebenarnya bukan itu yang pengen saya bahas kali ini. #teruusss apah, dari tadi mbulet terus!!#

coba liat, lagu yang satu ini:

hatiku sedih, hatiku gundah tak ingin pergi berpisah

hatiku bertanya, hatiku curiga

mungkinkah ku temui kebahagiaan seperti disini

sahabat  yang slalu ada, dalam suka dan duka

sahabat yang slalu ada dalam suka dan duka

tempat yang nyaman kala terjaga dalam tidurku yang lelap

pergilah sedih, pergilah resah

jauhkan lah aku dari salah prasangka

pergilah gundah, jauhkan resah

lihat segalanya lebih dekat

dan ku bisa menilai lebih bijaksana

(reff) mengapa bintang bersinar, mengapa air mengalir, mengapa dunia berputar

lihat segalanya lebih dekat dan kau akan mengerti.

Itu juga salah satu lagu dari OST film petualangan sherina. Kalo mau tau lagunya kayak gimana, cari sendiri di rumah mbah Google banyak. hehehe :D.  Dari dua lagu tersebut. Saya bisa menangkap apa yang ingin pencipta lagu sampaikan pada pendengar, yaitu LIHAT LEBIH DEKAT.

Saya meyakini bahwa Tuhan selalu memberikan pesan di setiap kesulitan atau pengalaman yang terjadi pada kita. Bagi saya sendiri, tidak hanya sekali atau dua kali saya dapat menemukan  pesan itu tapi hampir di setiap pengalaman yang terjadi, saya bisa menemukan pesan dari Tuhan. Dan ku kira ini tidak hanya berlaku bagi saya saja tapi bagi semua hamba-Nya.

Setiap manusia di muka bumi ini pasti pernah mengalami krisis yang menimpa hidupnya. Krisis atau ujian dalam hidup kita bisa berupa dalam bentuk apapun. Bisa dalam bentuk peristiwa kehilangan, munculnya suatu penyakit, atau apapun itu yang biasanya mampu membuat diri kita termehek-mehek . Mau tidak mau, siap tidak siap krisis atau cobaan ini pasti akan menyapa kita. Saya yakin tidak ada di dunia ini orang yang hidupnya bahagia terus, atau sengsara terus.

Menurut saya cara Tuhan untuk mencintai kita tidak hanya memberikan Rezeki atau kebahagiaan saja. Kesulitan atau krisis, itu juga salah satu bentuk Sayang Tuhan pada Hambanya. Karena sebenarnya Tuhan tau ada  yang ‘belum keluar’ dari diri kita. Dan seringkali Ia mengirimkan sebuah krisis kepada kita untuk membuat potensi ini keluar dengan maksimal. Karena Tuhan tau kita bisa menjadi manusia yang lebih baik melalui kesulitan yang dikirim-Nya. Oleh karenanya, di balik krisis atau kesulitan Tuhan selalu menyelipkan sebuah PESAN.

Seperti lagu di atas, lihat segalanya lebih dekat dan ku bisa menilai lebih bijaksana. Pesan itu akan bisa kita dapatkan jika kita mau “melihat lebih dekat” segala sesuatu yang menimpa kita. Melihat lebih dekat membutuhkan pikiran yang positif dan kemauan kita untuk mau melihat ke arah sudut pandang yang lain.  Semua berangkat dari cara pandang kita terhadap sesuatu.

Lihat lagi deh liriknya, “pergilah sedih, pergilah resah. Jauhkanlah aku dari salah prasangka. Pergilah gundah jauhkan resah. Lihat segalanya lebih dekat dan  ku bisa menilai lebih bijaksana” . Jangan terus berprasangka buruk dulu kepada Tuhan atau orang lain, jika kita sedang mengalami kesulitan. Dan jangan terpaku pada sakit-nya ajah, jika sakit segera cari obatnya. Dan obatnya bisa ditemukan dalam pesan yang dikirim Tuhan. Bukankah  harus sakit terlebih dahulu, sebelum kita merasakan bahwa badan/ jiwa kita benar-benar sehat??

Seperti sakit fisik, manusia juga akan sering mengalami sakit mental. Bedanya kalo sakit fisik bisa pergi ke dokter dan beli obat. Tapi kalo sakit mentalnya, kita sendiri yang harus jadi dokternya, obat bisa saja dititipkan melalui orang lain, tapi kita sendirilah yang hanya bisa menjadi dokter dan menyembuhkan jiwa kita.

Pesan itu tidak hanya ada di pengalaman besar dan dramatis saja. Pesan dari Tuhan juga ada di pengalaman-pengalaman yang biasanya dianggap sepele dan tidak dramatis. Setiap pengalaman bisa dijadikan pembelajaran, itu yang saya yakini. Bagi saya, bukan besar/kecil atau berat/ringannya masalah, yang terpenting kita bisa belajar dan bisa menjadi pribadi yg lebih baik dari sebelumnya. Dan saya yakin itu juga keinginan Tuhan kepada hamba2-Nya.

Gambar

Bagaimana kita bisa melihat dan mengangkap pesan itu? Saya menemukan kata-kata yang sangat cucok untuk menjawab pertanyaan ini, “Jangan hanya melihat tetapi amatilah, Jangan hanya mengunyah tetapi rasakan, Jangan hanya tidur tetapi bermimpilah, Jangan hanya berfikir tetapi rasakanlah, Jangan hanya eksis, tetapi hiduplah”

Singkat katanya: Rugi jika kita hanya makan tapi tidak menikmati makanan itu apalagi tidak mendapatkan manfaat dari makanan itu.

 

Iklan

Penulis: ahjummah

Sedang sibuk cari Jodoh, itu pun masih di sambi dengan nonton Drama Korea dan baca buku

4 thoughts on “Lihat Lebih Dekat”

  1. ahjumahhh….

    sebenere aku arep moco tulisanmu kuwiii… berhubung terlaluuuuu puanjangggggg…… jadi aku komen aja lahh….
    intinya kamu kangen lagu tempo doeloe ngunu yoooww…

    PODHOOOO…

    aku juga merindukan musik2 puitis di lagu dewa, di lyric padi atupun sheila on 7…
    semacam lagu padi ini contohnya…

    Aku tak bisa luluhkan hatimu
    Dan aku tak bisa menyentuh cintamu
    seiring jejak kakiku bergetar
    Aku tak terpagut oleh cintamu
    Menelusup hariku dengan harapan
    Namun kau masih terdiam membisu
    Sepenuhnya aku ingin memelukmu
    Mendekap penuh harapan tuk mencintaimu
    Setulusnya aku akan terus menunggu
    Menanti sebuah jawaban tuk memilikimu
    Betapa pilunya rindu menusuk jiwaku
    Semoga kau tau isi hatiku
    Dan seiring waktu yg terus berputar
    Aku masih terhanyut dalam mimpiku

    ATAU DI LAGU DEWA 19 ini:

    Mendaki melintas bukit
    Berjalan letih menahan menahan berat beban
    Bertahan didalam dingin
    Berselimut kabut Ranu Kumbolo…

    Menatap jalan setapak
    Bertanya – tanya sampai kapankah berakhir
    Mereguk nikmat coklat susu
    Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda
    Bersama sahabat mencari damai
    Mengasah pribadi mengukir cinta

    Mahameru berikan damainya
    Didalam beku Arcapada
    Mahameru sebuah legenda tersisa
    Puncak abadi para dewa

    Masihkah terbersit asa
    Anak cucuku mencumbui pasirnya
    Disana nyalimu teruji
    Oleh ganas cengkraman hutan rimba
    Bersama sahabat mencari damai
    Mengasah pribadi mengukir cinta

    Bersama sahabat mencari damai
    Mengasah pribadi mengukir cinta

    Mahameru berikan damainya
    Didalam beku Arcapada
    Mahameru sampaikan sejuk embun hati
    Mahameru basahi jiwaku yang kering
    Mahameru sadarkan angkuhnya manusia
    Puncak abadi para dewa…

    Klo Dr KPOP Berhubung eike penngemar Big Bang jadi suka lagu fenomenal Big Bang Yang haru-haru atau yang lagu jepun mereka yang Let me Hear your Voice, dan Juga tentu saja Lagu yang diciptakan SI BINGU TABI “My Heaven”
    walaupun saya gak begitu ngerti artinya… bagiku tu lagu bakal ngena terus di hatiku mungkin SAMPAI NANTIseperti kata Peterpan…… #Eaaaa..

    sekian Komen saya Ahjumah….
    *kayanya udah sama panjang dengan tulisanmu itu*
    Ya Gapapalah anggap aja tamunya pendiam.. 😀

    Sekian ahjumah ya…..

    saya pamittt ahjumahhh ya….

    assalamu alaikum ahjumah….

    kapan2 dengerin lagu Bingu Tabiku ya…

    sekian ahjumahhhh…

    saya pamit ahjumah yaaa..

    dahh dahhh dahh…

    pamitt ahjumahhh yaaaa….

    sekiannnnnn ahjumahhhh ya….
    daaaaa…
    ahhhhh capeksss….

    saya pamit beneran ahjumahhh ya….
    byeee byeeee… ahjumah..

    aigoooo….

    dahhh yaaaa…

    Salam Bingu Tabi : Waikiwaini

    1. BUAHAHAHAHAHAHA~~!!!!!!
      waikiwaini kumat a dirimu gara-gara bingu tapi sekarang lebih suka sama daku????? kkkk~~~
      komen mu lebih panjang daripada tulisanku~~~ kk~~ 😀

      iyah deh, nanti saya dengerin lagu bang tabi selingkuhanku. hehehe 😀

      iyyooohh waiki, salah satu intinya daku merindukan lagu-lagu jaman dulu yang liriknya simpel, puitis tapi artinya mendalam plus lagunya juga enaakk~~~
      jadi mengingat jaman-jaman masih ababil dulu… hehehe

  2. Sak wiz’e tak woco tak pahami, nganti klayah turu 2hari 1mlm hehehe.
    Artikel’e bener bgt.

    Semua ujian dr tuhan jika kita nikmati dan selalu berfikir positif kalau di balik semua ada rencananya yg indah yg sedang di persiapkan untuk kita.
    Tapi tidak semua orang punys fikiran seperti itu karena yg menurut mereka kasih sayang tuhan itu rejeki dan hidup yg enak. padahal kita bisa bernafas,berjalan,melihat dunia sampai sekarang itu juga termasuk wujut kasih tuhan yg sangat besar n indah bgt.

    1. hihihihihi
      terima kasih sudah mampir~~ 😀

      bener mas bro, semua berawal dari persepsi dan pikiran kita sendiri… kalau mau berpikiran positive yang kita lihat akan positive juga dan insya Allah sikap kita akan positive juga, begitu juga sebaliknya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s