Africa Van Java : Berkunjung ke Taman Nasional Baluran

Sudah lama saya pengen menulis tentang pengalaman saya maen ke baluran ini, tapi baru sekarang ini kesampaian. Padahal acara berkunjung ke baluran ini sudah satu bulan yang lalu. hehehehe

Hokehh!! Tak usah berlama-lama, yuukk mari kita lanjut~~

Taman Nasional Baluran, kalo di lihat di peta, letaknya paling ujung sendiri, pas di buntut-nya pulau Jawa Timur. Kalo ada yang pernah ke Bali lewat jalur darat, pasti lewat pintu masuknya TN ini. Meskipun saya lahir, besar dan sekarang juga tinggal di Jawa Timur, tapi nama Taman Nasional Baluran ini familier di telingga baru 5 tahun yang lalu, saat kakak saya di tempatkan di sana.

Awalnya, gak terlalu tertarik mendengar cerita-cerita tentang TN ini. dalam hati, “halah paling juga gitu- gitu tok. hutan, gunung, di Batu juga banyak. di sana panas pula!“. Tapi, ketika, 2 tahun lalu, ketika kakak saya ini menikah dengan seorang wanita, yang sekarang jadi kakak ipar saya, yang namanya gak perlu saya sebutkan, karena meskipun saya sebutkan juga kagak kenal. hahahahahaaaa .

Kakak ipar saya ini, cerita tentang balurannya lebay!! wooaahh!!! Katanya pantainya bagus, airnya jernih, bersih. Ikannya lucu-lucu, terumbu karangnya bagus-bagus. Pokoknya gak bakal menyesal snorkeling disana. Teruss katanya savananya (padang rumput) juga bagus. Apalagi kalo musim kemarau katanya kayak afrika, kuning semua, garing kabeh!! Kalo musim gak kemarau, savana yang kuning itu jadi ijo. kayak padang rumput di film-film india . Terus katanya gunungnya juga bagus banget, apalagi diliat dari savana, joss gandos katanya!! Terus yaahh, kata kakak ipar saya ini, kalo malam hari-tidak lagi musim hujan, leyeh-leyeh di savana bisa liat pemandangan langit yang luar biasa cantik, semacan kayak di boscha bandung, tapi ini live gak pake teropong.

Lebay khan ceritanya??? lebay banget!!!

TAPI ITU BENER~!!! !! Baluran memang indah seindah namanya #dangdut e kumat# Sumpil deehhh~~ Saya sampe ngiler-ngiler dan mangap-mangap  ketika melihat langsung keindahan alam ini!!

savana-dry
.
gimana mirip Afrika bukan?? tinggal tambahin jerapa, singa sama zebra ajah. hehe
green-savana
ini dia padang rumput kayak di film-film india

Sebenarnya banyak kawasan di TN ini, tapi saya gak apal semua. Saya cuma mengunjungi 3 Kawasan yang legendaris, #halah!!# Savana Bekol, Hutan Bakau dan pantai Bama. Tiga kawasan ini yang sering di datangi para pengunjung. Dari pintu gerbang ke savana bekol (nama savana) jaraknya 6 Km. Sedangkan Hutan Bakau dan Pantai Bama jaraknya 8 Km dari gerabang. Pake sepeda bisa pake mobil juga bisa. Asal jangan pake dokar saja. Karena pasti si kuda langsung lari ke hutan ato ke savana dan gak mau pulang.

bama-sunset
bama sunset. cantik banget khan??

pantai

Sepanjang jalan menuju bekol, mata kita akan di manjakan dengan hutan-hutan liar, pohon-pohon besar, kalo lagi beruntung bisa liat hewan liar juga, kayak banteng, ayam hutan, dan berbagai jenis burung. Kalo saya kemaren 2 kali lihat burung elang, burung elang yang sedang menclok di pohon merenungi hidup, dan burung elang yang sedang terbang bebas di udara, dan ada beberapa burung yang saya tidak tahu namanya. Saya dan keluarga sangat beruntung, karena kemarin kita di temani guide yg sangat handal dan sangat mengenal baluran dengan baik. Baluran sudah seperti pekarangan rumahnya sendiri, orang itu tidak lain adalah kakak saya. hahahahaaa~ jadi kalo ada hewan apa yang lewat, langsung di kasih tau namanya. Kalo ada pohon yang rada antik, langsung di kasih tau. weennaakk tooh??

Ooohh yaah!! ada yg hampir terlupakan!!  Di  perjalanan menuju bekol savana, mata anda juga akan di manjakan dengan banyak sekali kupu-kupu cantik yang hobi bergerombol di jalan. Ketika ada mobil ato sepeda lewat, whuuuussshhh!!! Seperti kertas warna-warni yg sangat banyak tertiup angin, bertebaran ke mana-mana dan  cantik luar biasa~~!! Dan! ada lagi yang unik menurut saya, ada satu kawasan yang namanya ever green. Kawasan ini akan tetap hijau dan segar  meskipun yang laen sudah menguning, kering kerontang dan panas saat musim kemarau. Kereenn deh pokoknya~ 088

butterfly

kupu

Sayangnya, pada saat itu, waktu saya berjalan-jalan di TN baluran ini sangat singkat. karena emang rencana ke sana bukan vacation tapi batu kakak menempati kontrakan baru -_-. Jadi deehh, saya gak menjelajah seluruh baluran saat itu. Di tambah lagi, karena cuaca yang mendung dan hujan, jadi tujuan utama hanya ke pantai bama, snorkeling. Karena dari semua cerita kakak ipar saya, yang paling bikin ngiler adalah snorkeling-nya. Hmmm~ sebenarnya sihh pengen diving, tapi langsung di tolak mentah-mentah!! Karena tidak mempunyai pengalaman diving sebelumnya. Sebelum diving memang terlebih dahulu harus latihan- lah istilahnya.

Mampir sebentar di bekol, karena ibu saya belet pipis dan kakak saya mampir ke pos penjagaan di sana. Tapi kemudian langsung lanjut perjalanan menuju pantai bama. Jarak antara bekol dengan bama 2 km. Kalo tadi melewati hutan, sekarang melewati savana yang luas banget!!! luasnya sekitar 113 hektar!! HEKTAR cuuyyy!! HEKTAR, bukan km lagi!! Kalo ketauan para pemborong kontraktor bisa di beli itu tanah buat perumahan sama mall. th_053_XD

Kalo di savana ini, mungkin akan sering menemukan hewan-hewan ini:  Rusa, burung Merak, dan  Makaka. Tapi, kalo pengen liat Rusa ato Merak, ada waktu-waktu tersendiri mereka keluar cari makan. Rusa, akan banyak terlihat pada pagi dan sore hari. Pada siang hari bisa siihh, tapi cuma sedikit. Kalo pengen banget liat merak, harus pagi hari sebelum matahari terbit atau sore menjelang senja. Karena pada waktu-waktu itu para merak keluar jadi makan. LAHhhh!! kalo si Makaka, gak usa nunggu peruntungan buat liat jenis kera ini. Karena si Makaka ini makanya kayak kita, 3 kali sehari, dan daripada hewan-hewan lainnya, mereka ini yang paling eksis dan paling narsis. Karena hampir mudah di temukan. Di barak ada, di bekol ada, bahkan di pantai pun juga ada. Tapi ada sesuatu yang menarik dari kawanan Makaka ini. Si makaka ini, mereka pasti bergerombol karena dasarnya hewan sosial. kayak manusia ajah, makan gak makan yang penting kumpul. Tiap kelompok, punya kepala sukunya, biasanya si kepala suku bertubuh besar, agresif dan senang menyerang.

2040801_20130105

rusa-jantan-2

merak 2
hmm~~~ kerennn

  2040801_20130105112218

makaka
Ini dia, si Narsis yang selalu Eksis, Makaka

Sampai di pantai bama tepat pada tengah hari. Mobil belum berhenti uda ngebet pengen lansung nyemplung ke pantai, eeeehhh ternyata~!! eehh ternyata~~!!! Ada temennya kakak yg kasih tau kalo air laut sedang surut, dan biasanya kalo air sedang surut  pengunjung tidak di perbolehkan snorkeling ato diving, jadi harus menunggu air pasang kembali. Berhubung cuaca sangat tidak bersahabat saat itu, mendung gelap kayak mau ujan deress, semangat 45 tadi yang menggebu-gebu langsung surut kayak air laut. Dalam hati meringgis, “apakah ‘liburan yg kutunggu-tunggu akan sirna begitu saja?? Ohhh sungguh malang nasib betaaa~~” 064

Untuk mengobati rasa sedih dan merana, di ajaklah kita ke hutan bakau. Tempatnya dekat Pantai Bama. Hutan bakau itu kayak hutan tapi banyak pohon bakaunya. hehehe #ya iyalah namanya juga hutan bakau!!!# Saya gak bisa mendeskripsikan hutan bakau ini. hehehehee~~

Meratapi nasib, sambil jalan-jalan di tepi pantai. Kemudian kakak ipar menghampiriku dan menawari untuk naik perahu kano. Awalnya agak ragu-ragu, karena memang saya tidak pernah naik perahu kano sebelumnya. Wujud perahu kano sendiri saya juga ragu-ragu kayak gimana.

Saat si kano sudah di depan mata, masih bingung juga. Kira-kira bisa gak nihh mendayung perahu kano seorang diri?? Ah, nekat ajah, kita tidak tahu rasanya sebelum mencobanya. Naiklah saya ke si kano berwarna biru itu. Oke, saya sudah naik, terus gimana lagi? Saatnya mendayung.  Bissmillahirrahmanirrahim. Awal mendayung, terlalu kenceng mendayungnya dan juga tidak seimbang, jadi sering nabarak  sana, nabarak sini, nabarak kapal, nabrak akar pohon bakau. Pengennya ke kanan, malah ke kiri. Pengennya maju malah mundur,  pokoknya remmpong!!!

Tapi, berhubung saya orangnya suka penasaran, dan kalo belum tuntas rasa penasaran, tidak akan menyerah sampai titik darah penghabisan!!!! Asseeeekkk~~ saya coba terus dan terus, sampai akhirnya terbiasa dan melancong sendiri sampai ke tengah-tengah laut. Ada  satu hal penting baru  saya sadari saat berhenti di tengah-tengah  laut, KENAPA TADI GAK BAWA KAMERA!!??!! Uuurrrghhh, bodohnyaaa~~!!!!miss-bone-45  Padahal saya pengen mengabadikan momen saya menikmati hidup di tengah-tengah laut! Huufftttt~!

Puas menyusuri pantai bama dengan kano, saya balik sebentar  pengen ngajak seseorang untuk naik kano. Tadinya kakak ipar saya yang pengen naik kano, tapi entah dia menghilang kemana, akhirnya saya menemukan bapak saya yg sedang nostalgia di pinggir pantai. Saya ajaklah beliau utuk mencoba menaiki kano dan berkeliling pantai bama. Bapak saya mau!! Okeehh!! Kita lanjut naik kano session dua!!! Kali ini, tidak hanya naik kano ajah, tapi sekalian mancing cumi-cumi, kali ajah dapet. Kalo saya mahh emang kagak niat mancing, tapi bapak saya niat banget!! Sampai mukanya serius, tapi tetep kita berdua pulang dengan tangan kosong. Hahahaha. Okeehh, puas banget naik perahu kano, kita kembali ke peradaban, kantor resort, tempat kami numpang berteduh.  hehehehe.

Tidak lama kita kembali ke pos, ternyata air laut sudah pasang kembali. Yeeeeeeeyy!!! Saatnya senorkelingg~~!074 Awalnya, saya mau di temani oleh kakak, tapi ternyata dia di ajak teman-temannya diving, akhirnya saya ditemani oleh kakak ipar. Senorkeling berdua, eehh  gak ding bertiga,sama calon ponakan yang masih dalam perut. Ada yang heran, kenapa ibu hamil sampai nekat senorkeling di laut?? Saya juga heran. Hahahahaha~

Berhubung ini rombongan. Kakak saya dan 2 orang temannya mau diving, saya dan kakak ipar mau senorkeling, tidak ketinggalan bapak, ibu dan pakdhe saya yang juga pengen ngikut meskipun gak diving ato senorkling, tapi mereka mau mancing cumi-cumi. Akhirnya kita naik perahu fiber glass, agar bapak, ibu sama pakdhe juga bisa ikutan liat underwater di kapan meskipun gak senorkeling ataupun diving.

Persiapan sudah selesai. Saya juga sudah pake peralatan lengkap senorkeling: Masker, Snorkel dan Fin (kaki katak). Meskipun saat itu hujan cukup deras, tidak mengurungkan niat kita, terutama saya, terus melanjutkan rencana senorkling dan diving.

Pertama senorkeling, cukup remmpong juga. Karena belum terbiasa dengan senorker itu. Beberapa kali mulut saya gak sengaja terbuka dan beberapa kali juga air laut yang asiinnya minta ampun itu, masuk ke mulut dan selalu membuat saya panik. hahahahahaa~~~ payah!

Saya akui, underwater di pantai bama baguuss banget!! Ikannya banyak dan lucu-lucu. Saya bertemu dengan Nemo disana~~  Sekilas Info sajah, Nemo itu bukan nama asli sodara-sodara, nama aslinya clown fish (ikan badut). Selain Nemo, banyak  Terumbu karangnya cantik-cantik. Dan airnya memang jernih. Ada juga bintang laut warna biru mulai dari yang masih kanak-kanak, ABG, sampe yang sudah dewasa ada. Ada juga terumbu karang yang gedhee banget!! Dan masih banyak ikan cantik-cantik berwarna-warni yang menghiasi alam bawah laut Bama. Saya gak bisa menyebutkan satu persatu apa yang saya temui waktu senorkeling, karena saya gak apal namnya. hehehehe~~. Tapi underwater pantai Bama benar-benar terpampang nyata cetarr membahana~~~ Kalo pengen tau gimana indahnya underwater di pantai bama, bisa lihat di sini —> http://pratapapa81.wordpress.com/

DSCN1777
Lahh, ini saya yang sempet narsis saat senorkeling. Cheerrss~

Satu jam senorkeling, tapi saya belum puas! Tapi kita harus kembali ke peradaban lagi. Time’s up!!! Sedih rasanya, liburan yang singkat ini akhirnya harus berakhir. Tapi, ada yang spesial di ujung liburan saya. Liburan saya di tutup dengan manis dengan naik jetski!!!! Yeeeeyyyy  th_0elvis Ceritanya begini, saat kapal sudah sampai di bibir pantai, ada bapak-bapak polisi hutan, yang mau patroli naik jet ski, terus, awalnya kakak ipar saya yang di tawari naik jetski. Berhubung kakak saya ini lagi hamil muda dan tadi uda senorkeling dan muntah-muntah, jadilah dia tidak di izinkan oleh suaminya. Teruss, ada temen kakak saya yang baik hatinya, menawari saya. Saya gitu loohh!! Dapat gratisan naik jetski, kapan lagi????? NYIAHAHAHAHA~~!!   Dengan senang hati, langsung naik ke jetski. Gak peduli, kenal apa gak sama bapak polisi hutan. Hahahaha.

15 menit waktu yang cukup bagi saya, mencoba menaiki jetski ini. Pantai bama memang tenang ombaknya, bahkan hampir tidak ada ombak, jadi deeeh si bapak polisi hutan, nge-trill di atas air laut, membuat sensasi naik jetski semakin seru…” kemon pak pol, lanjuutttt!!!!!” Yiiihaaaaaa~~

Satu hal yang paling saya suka di liburan ini adalah, berhubung kakak saya ‘orang dalam’ di situ, jadi naik apa-apa GRATISS!!! Hahahahahaaa~~~ Perahu kano itu kalo disewakan satu jam tarifnya 30ribu, tapi saya sudah berjam-jam tidak ada yang mengganggu, gratis pula!! Hahahahaa. Terus perahu fiber glass itu kalo di sewakan 750ribu!! Begitu pula dengan jetski. Sebenarnya jetski di sana tidak di sewakan dan hanya untuk patroli para bapak polisi dan para penggendali ekosistem hutan, tapi berhubung lagi-lagi saya punya kenalan  ‘orang dalam’ gratis lagi deehh… hahahahaa~~ senangnya hati ini~~

Saya tidak kecewa meskipun liburan Cuma sebentar. Karena semua yang saya lakukan tadi adalah pegalaman-penaglaman pertama saya. Sangat mengesankan!! saya memang belum puas mbolang di baluran, tapi saya berjanji dalam hati akan datang kemabli ke baluran, dan saya akan mbolang di sana!! Karena masih banyak temapt yang belum saya ku njungi. Saya belum berkenalan dengan rusa-rusan, saya belum lari-lari dan narsis di savana , saya belum foto-foto di showroom tengkorak kepala banteng, saya belum ke menara pandang untuk melihat savana dari ujung timur sampai ujung barat, saya juga belum narsis sama artisnya baluran si Makaka, dan saya masih pengen melihat burung merak pada kawin masal.

Ada info yang menarik bagi yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi TN ini lebih asyik saat puncaknya musin kemarau, sekita bulan juli-agustus. Kenapa? Karena saat-saat itu, baluran sedang kering-keringnya, jadi savana kering kayak afrika. Bulan agustus juga saatnya musim kawin pada burung merak. Dan apa yang terjadi pada musim kawin burung merak?  Merak-merak jantan akan memamerkan ekornya yang indah pada sang betina, inilah momen yang paling ditunggu-tunggu. Melihat ekor burung merak pada mekrok berjamaah. Tapi kalo berkunjung pada puncak musim panas, harus siap-siap kulit ada akan berubah warna menjadi syoklat! Baluran akan panas-panasnya!! Gak tau deeh berapa suhunya, tapi katanya puanaasss bangettt!!!, buktinya kakak saya kalo pulang selalu gosong kulitnya. hehehehe~ Bagi ane yang kulitnya sudah syoklat dan gampang syoklat, agak mikir2 juga. Apalagi kalo mau senorkeling. Hmmm~~ Tapi saya ikhlas deehh kulit saya yang sudah syoklat jadi syoklat tua, kalo bisa ke bauran pada bulan-bulan itu. yociexp111

Baluran memang tak seindah Raja Ampat Papua, juga tak se-ngeTOP Bali atau Bunaken Manado, tapi bagi saya Baluran tetap indah dengan Eksotismenya sendiri, Afrikanya Pulau Jawa. Saya akan kembali baluran, kali ini dengan waktu yang agak lama, Tungglah daku!!! th_084_

Iklan

Penulis: ahjummah

Sedang sibuk cari Jodoh, itu pun masih di sambi dengan nonton Drama Korea dan baca buku

17 thoughts on “Africa Van Java : Berkunjung ke Taman Nasional Baluran”

  1. Kyaaaaa ahjumma.
    Aku mengirih. Aku pernah liat liputan jalan-jalan ke baluran di trans tipi, dah liat liputannya ajah udah ngiler.
    Gimana ngerasain langsung yak..
    Ahjumma aku mau kesana. Gak usah jauh jauh ke afrika, di Indonesia juga ada yah.
    Tahun ini apa yak merencanakan liburan kesana.
    Gimana kalo kita ngebolang berbarengan…???

    1. heheheee… iweedd iri yaahh?? hahahaha 😀
      apalagi kalo ngrasain langsung?? pasti iler mu ndrodos kabeh! hahahahaa

      hmmmm~~ tahun ini yaak?? kalo tahun ini masih gak tau. soale si kakak ipar mau lahirannya di rumah malang sampe dedeknya agak gedhe, kayaknya kemungkinan sedikit bisa, tapi gak tau lagi.

      aku tuuh pengen kesanannya yahh pas bulan agustus ituu….

      1. iweedddd~~
        aku sih mau-mau ajahhh saaayy. tapi agustus bulan ini gak bisa, dan gak boleh kayaknya.. soale si kakak ipar lahiran kira2 bulan juli-agustus ituuu~~~

        maaf, telah mengecewakanmu~~~ 😦

      1. mungkin karena letaknya uda mepet sama banyuwangi, mungkin orang-orang taunya baluran itu yahh di banyuwangi. hehehe

        kapan-kapan musti di sempatkan main ke sana mbakk,, gak nyesel pokoknya #promosi# heheheee 😀

    1. iyaaa~~ tempatnya emang bagus banget!! namanya juga Taman nasional pasti di lindungi jadi masih alami~ 🙂

      terima kasih atas kunjungannya 😀
      silahkan datang kembali. heheeh #indomart kaleee# 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s