Spirited Away: Film Paling Nostalgic (3)

P.S: Ini mungkin review teraneh yang pernah saya bikin atau anda baca. Jangan percaya semua hal yang saya tulis disini. Mending nonton filmnya langsung saja.

Masih edisi tentang kenangan dan nostalgia. Mungkin, film paling nostalgic sepanjang masa bagi saya adalah Spirited Away. Satu-satunya film yang bisa saya lihat berkali-kali tanpa bosan. Kalau drama korea, sebagus apapun itu drama dan se-membekas apapun dihati, masih agak males kalo disuruh mengulang dari episode awal. Tapi tidak dengan film ini.

Siapa yang gak tau film ini sih yah? Film yang rilis tahun 2001, diproduksi oleh studio gibli, digambar dan disutradai oleh sensei Hayao Miyazaki ini, meraih penghargaan oscar dengan nominasi animasi terbaik pada tahun 2002. Saya lihat film ini sekitar tahun 2003-2004an lah, nontonya ketika masih abege. Ini adalah film yang bikin saya gak bisa move on, by the way wakakakaka. Padahal bukan film cinta-cintaan menye-menye kan yah?

Well, sebenarnya saya tidak ingin meriview, mempromosikan atau menyinyiri film ini- seperti yang biasa saya lakukan ketika merivew dram korea atau film. hehe. Saya cuma mau ngobrolin film ini saja. Kebetulan kapan hari saya nemu page-nya orang yang isinya gift dari film-film studio gibli. Yawlaaa… saya mau njerit rasanya, nemu bejibun giftnya studio gibli. Karena, pertama saya sangat cinta dan ngefans sama semua hasil gambarnya studio gibli, khususon hasil karyanya bapak e Hayao Miyazaki. Imajinasinya bapak e itu selera guweh banget. Saya memang tidak nonton semua filmnya studio gibli, juga tidak semua animasi karyanya bapak e saya tonton. hehe… Tapi, beberapa yang sudah saya tonton, imajinasinya itu mewujudkan imajinasi saya yang cuma ada di otak doang dan gak mungkin terealisasi. Karena secara saya orangnya gak nyeni blas dan gak bisa gambar. hehe

Bhaydewey, cita-cita saya waktu masih kecil itu tidak seperti cita-cita anak kecil pada umumnya, yang ingin menjadi dokter, guru atau polisi misalnya. Cita-cita saya ketika waktu masih kecil itu adalah hidup di dunia kartun atau masuk kedalam buku yang saya baca. Wakakakaka. Alasan saya suka banget sama film ini dan film-filmnya Hayao Miyazaki yah karena mewujudkan imajinasi anak-anak saya. Khususnya pemandangan alamnya. Saya berkhayal bisa hidup ditempat yang digambarkan bapak e itu.

Kembali ke film Spirited Away.

Dibuka dengan instrumen lembut dari Joe Hisaishi, Chihiro dan kedua orang tuanya menuju rumah baru mereka. Dari awal saja sudah bikin sreg ini film. Soundtrack-nya enak-enak. Sampai sekarang pun setiap kali mendengarkan soundtrack film ini, rasanya diajak kembali ke masa abege . Hahahaha. Oke, saat mencari rumah baru mereka, bapaknya Chihiro salah belok ceritanya. Kemudian nyasarlah mereka ke jalan buntu. Ada semacam terowongan gitu deh. Karena mereka penasaran, masuklah mereka ke terowongan. Ada bangunan tua semacam stasiun kereta api dibalik terowongan tersebut. Dibaliknya lagi terhampar padang rumput yang luas nan indah. Padang rumput yang enak banget dibuat tidur-tiduran sambil lihat langit. wkkk. Kalo nganggur dan lagi geje bisa tuh gulung-gulung disana.  Karena dikira mereka nyasar ketempat yang bagus, bukannya balik malah lanjut piknik. Kalo itu aku sih, juga bakalan mbolang disana.

tumblr_oqw82ladzg1tqkn68o1_540
Lihatlah rumput yang hijau dan langit biru beserta awannya. Napsu banget pengen gulung-gulung disana. Andaikan belakang rumah ada beginian…

 

koyok ngene loh rek seng tak maksud

Kemudian sampailah mereka di pasar dunia roh gitu deh. Bapak dan ibuknya Chihiro mampir kuliner, sedangkan si Chihiro lanjut jalan-jalan. Singkat cerita, Chihiro sampai di gedung besar dengan jembatan besar didepannya, terus ketemu sama Haku, terus sama Haku diusir, disuruh cepat-cepat pergi dari tempat itu, Chihiro bingung plus takut, dia lari cari orang tuanya. Saat ketemu sama orang tuanya, ternyata bapak dan ibuknya sudah jadi babi. Saat Chihiro berniat kembali ke mobil, padang rumput nan indah tadi sudah jadi sungai. Malam telah tiba dan terjebaklah Chihiro di dunia roh.

Singkat cerita lagi, agar Chihiro tidak dikutuk menjadi babi, bisa keluar dari tempat itu dan menyelamatkan kedua orangtuanya, dia harus bekerja di Spa dan bathhouse milik penyihir menakutkan yang bernama Yubaba. Chihiro hanya seorang anak remaja biasa yang masih ngalem sama bapak-emaknya. Ditempat asing-apalagi di dunia roh-seperti itu, tanpa teman, tanpa keluarga, apalagi disuruh bekerja, hidup Chihiro tidaklah mudah. Untunglah ada kakang mas Haku yang siap menghibur meskipun tidak selalu bisa menemani. *wanjeerr gini banget narasi ane*.

tumblr_ntzfooSs8h1tvlw71o1_500
Salah satu tervaforit lagi. Ceritanya Chihiro syedih. terus sama kakang mas dihibur. Koq pas tepak banget tempatnya. Hibur aku juga dong mas~ Sumber gambar

Singkat cerita lagi, pokok e iki isine singkat cerita tok rek, Chihiro perlahan bisa menyesuaikan diri disana. Dia bekerja keras ngepel, ngosek i, nguras bak mandi bekas para roh-roh itu. Jeneng e kartun yoh rek, roh juga syapek, butuh mandi dan pijet. Pekerjaan pertama Chihiro ternyata cukup melelahkan. Dia harus melayani roh sungai yang kotor penuh lumpur dan sampah. Iki ceritane nyindir menungso seng sering buang sampah sembarangan di sungai. Setelah hari yang melelahkan itu, Chihiro dan seniornya melepas lelah dengan nyante dibalkon, makan bakpao sambil menikmati pemandangan alam setelah hujan mengguyur deras tempat itu.

tumblr_muzzmlAd811rf1vfdo1_500
Hanya bulan sebagai sumber penerangan dimalammu yang kelam. bukan lampu LED, bukan lampu disko apalagi lampu taman.

Yang saya suka yah, Spa milik Zeniba itu kan dikelilingi padang rumput. Ketika hujan turun sangat deras, setelah hujan reda, padang rumput tadi itu berubah menjadi laut dangkal gituu. Terus kan yah, bangunanya itu kan tinggi, lah ketika kamu duduk-duduk dibalkon, taraaaa~ pemandangan indah terpampang nyata didepan matamu. Anjirr bener dah imajinasinya bapak e. Ai laf yu bapak e…

istirahat sepulang kerja, makan bakpao sambil lihat kereta api melintas diatas air… panjenengan pancen ngeten bapak e *jempol*

Sekarang ganti scene. Dari tadi Chihiro mulu yang diceritain. Hakunya kapan? Pertanyaan yang sangat bagus. Haku adalah asistennya Yubaba. Usut punya usut Haku sebenarnya manusia. Seperti Chihiro, Haku dulunya juga kejebak di dunia roh, karena kelayapan di daerah terlarang itu. Karena dulu dia tidak ada yang menolong, akhirnya dia bertekad belajar sihir, meGuru ke Yubaba dan hidup di dunia roh. Haku sering melakukan pekerjaan kotor untuk Yubaba. Ceritanya, Haku disuruh Yubaba mencuri stampel sihir milik kembaran Yubaba yang bernama Zeniba. Gak ngerti ceritane yokpo, stempel yang sudah disihir itu ditelan Haku, dan dia sekarat. Chihiro yang mengetahui kakang masnya sekarat,  memberinya obat yang dia terima dari roh sungai sebagai hadiah. Kemudian berniat mengembalikan stempel milik Zeniba, meminta maaf dan meminta tolong untuk menyelamatkan Haku. En den, berangkatlah Chihiro ke rumah Zeniba ditemani roh jablay yang dijuluki No Face dan dua cecunguk lainnya.

Untuk sampai di rumah Zeniba, Chihiro harus naik kereta api yang melewati bathhouse Yubaba.  Kebayang gak sih rel kereta api yang kerendem air? Seperti naik kereta api yang lewat melintasi laut gitu… aw aw aw aw… Indah syekali…

tumblr_mqowjkr3zV1syzvulo1_500

Sampailah mereka di desa sebrang. Setelah Chihiro mengembalikan stempel dan meminta maaf atas nama Haku, Zeniba bercerita bahwa stempel itu memang miliknya, tetapi sihir yang ada dalam stempel itu adalah perbuatan Yubaba agar terus bisa mengendalikan Haku. Karena, Haku sebenarnya dari dulu secepatnya ingin hengkang dari dunia roh dan kembali ke dunia manusia, tapi sama Yubaba diperdaya terus. Dasar nenek lampir!! Beda dengan Yubaba yang serakah, matre dan hanya mengejar duniawi (?), Zeniba adalah penyihir baik yang hobi merajut dan bikin kue. Rumah Zeniba pun enak banget ditengah-tengah sawah yang damai, jauh dari hingar-bingar metropolitan (?).

Rumah Zeniba yang damai aman sentausa

tumblr_mfn52agYrg1rqb3c5o1_500Mengetahui Chihiro telah menyelamatkannya dan pergi jauh-jauh ke rumah Zeniba untuk meminta maaf, kakang mas Haku tidak tinggal diam dong. Dia pergi menemui Yubaba untuk membuat kesepakatan. Jika Haku berhasil membawa pulang anak Yubaba (oiya, anak Yubaba ceritanya tadi ikut Chihiro ke rumah Zeniba), maka Yubaba harus melepaskan Chihiro dan kedua orang tuanya kembali ke dunia manusia. Setelah kesepakatan deal, berangkatlah kakang mas Haku menjemput dedek emesh Chihiro. Naik apa? Kereta api juga? Terbang dong, doi kan naga jadi bisa terbang menembus langit. Kweren kali yah punya patjar siluman naga. Kalo mau kemana-mana dibonceng nemplok manjah dipunggungnya. Gak perlu download gojek atau grab lagi. Bebas macet, gratis, gak perlu cemas didemo atau dibegal, romantis pula.

Singat cerita lagi, sesampainya mereka di bathhouse, Yubaba beserta jajaran karyawan menunggu mereka di jembatan. Sebelum Chihiro dilepas pergi, Yubaba kasih kuis ke Chihiro. Kemudian Chihiro menjawab, dan tebakannya benar. Yeayyy..! Chihiro bebas deh!!

tumblr_n0jgd1yGkT1rvpiyxo3_r2_500
Setelah berhasil menebak kuis dari Yubaba, disambut kakang mas, mau diantar pulang ke dunia manusia

Selanjutnya bagian akhir yang seharusnya bahagia karena Chihiro bisa kembali ke dunia manusia, secara bersamaan juga bagian yang paling menyedihkan bagi penonton kayak saya.  Haku menyuruh Chihiro untuk terus berlari kedepan tanpa menoleh kebelakang sampai dia melewati terowongan. Kemudian, di padang rumput yang hijau, dengan cuaca yang cerah, angin bertiup lembut, mereka berpisah setelah berjanji akan bertemu lagi. Dengan terus berlari, Chihiro akhirnya sampai di depan terowongan. Disana bapak dan ibuknya sudah menunggu. Pergilah mereka dari tempat indah namun terkutuk itu dan sampailah di penghujung terowongan, tempat semua bermula. Chihiro kembali ke dunia manusia dan sampe tahun 2017 dia juga belum ketemu sama Haku…! Syedih banget gak sihh??!!

 

 Ending yang nggantung adalah cara agar seseorang susah move on dari sesuatu.

 

 

 

NB:

Sumber Gift ada dibawah sini… Saya lupa pastinya, gift yang mana, saya ambil dimana. Karena waktu nemu gift-gift tersebut, saya sudah kalap duluan. Langsung save as- save as saja, tanpa memikirkan efek jangka panjangnya. hehe. Tolong dimaklumi

http://ghibli-gifs.tumblr.com/page/3

https://giphy.com/search/studio-ghibli

http://studioghifli.com/tagged/My%20Neighbor%20Totoro

Iklan

Penulis: ahjummah

Sedang sibuk cari Jodoh, itu pun masih di sambi dengan nonton Drama Korea dan baca buku

6 tanggapan untuk “Spirited Away: Film Paling Nostalgic (3)”

  1. awalnya sebelum nonton Spirited Away, ekspektasi saya, “ah, paling tipikal film anak-anak yang ceritanya ringan”

    setelah nonton saya nyesel pasang ekspektasi kayak gitu

    di film ini ngakak sekaligus miris pas ibu bapaknya jadi babi 😁😁😁

    kalo pesan moral, rasanya kalo udah nonton tau pesannya apa.hehe

    1. apa coba pesan moralnya? hehehe
      ah, kamu pasang ekspektasi koq setinggi jemuran. hehehe. piss… hehe
      malahan pesan moral yang agak berat itu sering kali di titipkan pada film-film atau lagu-lagu anak lohhh. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s