DIY Cleansing Oil

Pimple
Sumber

Ada banyak faktor muculnya jerawat. Apalagi bagi wanita. Mulai dari stress, patah hati, salah makan, salah pakai produk kecantikan, PMS, sampai masalah kebersihan. Well, Stres, patah hati dan salah makan, mungkin tidak semua orang akan langsung berjerawat karena faktor tersebut. Salah memilih produk kecantikan bisa fatal memang, tapi siapa yang gak pernah zonk salah beli kosmetik? Apalagi yang suka coba-coba atau belum menemukan produk yang tepat. PMS, kalau gara-gara hormon kita bisa apa yah cyynn?? Mulut gak berubah jadi gilingan rusak aja uda Alhamdulillah.

Namun, faktor penting yang paling disadari tapi malas dilakukan adalah membersihkan wajah dengan benar. Malas membersihkan wajah justru faktor utama munculnya jerawat. Kheuseusnya bagi sista-sista yang suka pake make up tebal dan high coverage. Saya dulunya berjerawat. Selalu berjerawat. Jarang sekali wajah saya bersih dari jerawat-jerawat nakal. Kukira jerawat muncul karena tipe kulit berminyak. Pemahaman stereotip, kalau tipe wajah berminyak pasti berjerawat. Ternyata saya berjerawat karena malas membersihkan wajah.

FullSizeRender (13)
Sumber

Iyes, saya, dulu, pemalas sekali kalau disuruh pake lotion pembersih terus masih disuruh cuci muka ke kamar mandi. Tidur dengan make up masih nempel diwajah adalah hal yang sering saya lakukan. hehe 😛 Tapi setelah saya tahu betapa pentingnya membersihkan wajah dengan benar, dan menerapkannya, wajah saya bebas jerawat. Sampai sekarang. Meskipun sedang PMS atau setres. Alhamdulillah yah~ XD

Aku gak suka pake make up tebal koq. Cuma pake BB krim atau foundation dan bedak padat saja untuk sehari-sehari.

Itu termasuk make up high coverage keless cyynn….! Produk-produk seperti foundation, bb krim, bedak padat dan sebangsanya itu menutup pori-pori. Kalau dibersihkan cuma pake sabun wajah doang gak cukuuup.

Jadi ibu-ibu sekalian, membersihkan wajah itu penting! Minimal pakai make up remover atau cleansing oil sebelum mencuci muka dengan sabun wajah.

skincare-blogpost
Sumber

Biasanya saya memulai membersihkan wajah dengan cleansing oil, kemudian dilanjut dengan memakai lotion pembersih, baru mencuci wajah menggunakan sabun wajah dan terakhir masih pakai toner. Toner menurut saya penting, karena dia berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran yang  masih menempel di wajah. Selain itu, wajah biasanya kan kering banget setelah memakai sabun wajah. Nah si toner ini fungsinya juga untuk melembabkan dan menaikkan ph kulit. Karena apa?

Karena tidak hanya kulit beminyak saja yang rentan terhadap jerawat. Kulit kering juga bisa berjerawat loh! Koq bisa? Minyak akan berproduksi lebih banyak ketika kelembapan dalam kulit turun. Jadi, ketika kulit kering produksi minyak akan meningkat, kemudian pori-pori yang sudah tertutup minyak tadi tertutup make up tebal, oh jangan lupa tertutup juga dengan debu atau polusi! Dan kamu masih malas membersihkan wajah?!! Kalau begitu ucapkan selamat datang kepada jerawat-jerawat unyuk yang akan menghiasai wajah kalian. Welcome beibeh~ Come to mama~

Oke, kembali ke judul. hahahaha

Sebenarnya saya mau share DIY bikin cleansing oil, tapi kenapa jadi panjang begini yah? Uda ah biarin saja, saya malas ngeditnya. haha. Yoaiii, kita bisa bikin cleansing oil sendiri daripada membeli. Mayan kan bisa lebih ngirit pengeluaran??

IMG-20170310-WA0023
Extra Virgin Olive Oil

Apa saja yang dibutuhkan untuk DIY cleansing oil?

Cuma dua sayang. Minyak zaitun dan shampoo bayi. Mudah kan? Untuk minyak zaitun, kalau bisa jangan yang dibuat untuk masak. Biasanya ada dua tipe minyak zaitun: untuk masak dan bisa diminum. Pilihlah minyak zaitun yang bisa diminum. Belinya dimana? Di toko kosmetik atau di toko-toko arab (?) gitu pasti ada. Namun saya tidak menyarankan minyak zaitun yang untuk pijat (massage) yah cyyn… No.. No.. No… Contohnya, minyak zaitun merk Mustika Ratu, itu untuk body dan baunya harum bingits. Biasanya minyak zaitun asli tidak berbau.

Untuk shampoo bayi, saya lebih suka pake merk Zwitsal yang original, karena baunya tidak menyengat. Tapi kalau kekawan ada yang pengen pakai shamphoo bayi edisi incess dengan harum permen karet atau stoberi, yah monggo aja sih. Biar harum wajahnya. wkkk. FYI, minyak zaitun sebotol kecil itu harganya 60.000 rupiah,  cukup saya pakai selama satu tahun loh. Itupun biasanya juga saya pakai saat pijat. Hehe. So, ekonomis banget kan?

Cara bikinnya gimana?

Yang ini lebih gampang lagi, tinggal dicampurin aja. Cari botol bekas make up yang sudah tidak terpakai, lalu kawinkan mereka beruda. Pebandingannya, lebih banyakin minyak zaitun daripada shampoonya. Jangan lupa kocok dulu sebelum memakai.

Aman gak? Ada efek sampingnya gak?

Selama dua tahun terakhir saya pemakai setia DIY cleansing oil ini dan alhamdulillah sejauh ini aman. Efek samping juga tidak ada.

Tapi ribet ah, yang lebih simpel ada gak? Yang tinggal pakai gitu?

Gampang Nyonya, tinggal beli saja ditoko terdekat.

Ada rekomendasi make up remover atau cleansing oil yang bagus gak?

Saya pernah coba, lebih tepatnya minta sih, Innisfree Apple Seed Cleansing Oil, Precious Essential Brightening Cleansing Oil dan Garnier Make Up Remover Water. Eh tapi ini kan tulisan tentang DIY make up remover bukan review produk. Udah ah…

Selamat mencoba.

Yuuukk mari~ bye~

Ayo Jogging!!!

Kalo mau jalan mundur lagi, mundur teruss… teruss… kebelakang, pasti nemu postingan saya yang berjudul Hidup Pada hari Ini.  Saya mau mbulet sedikit yahh~~. Jadi intinya postingan saya yang itu menceritakan perjalanan jogging saya lah! Terusss ada temen, tetangga blog juga, mbak iwedd namanya, dia minta foto  area jogging saya. Teruss, kalo saya pikir-pikir lagi, boleh juga itu idenya. Sekalian saya bikin tulisan, biar blog saya ini gak terlalu kelihatan kalo gak pernah di urusin sama juragannya. hahahahaa~~miss-bone-135

Jadi, postingan ini sebenarnya postingan bayar hutang~~ hehehe

“Iwedd~~~, darling~~~, hutangku sudah ku bayar okehh??!!”

Balik ke topikk!!

Jadi, sampe hari ini, alhamdulillah saya masih semangat berjogging ria, sodara-sodara. Kalo mau ngitung, berarti sudah hampir 5 bulan ini saya hobi berjogging di pagi hari. Dua hari sekali atau seminggu 4-5 kali saya jogging pagi. Ada dua tiga area jogging favorit yang mau saya promisikan ceritakan pada sodara-sodara sekalian (terutama Iwedd) hehe.

Jadi, kalo weekday saya jogging di sekitar kampung saya. Tapi kalo weekend (perlu di ketahui, weekend saya cuma hari minggu dan libur nasional, curcol) saya jogging di Alun-Alun Kota atau di Hutan Kota.

Pertama-tama mari kita ngesot ke Alun-alun Kota~~ miss-bone-187

DSCN1928
Alun-alun Kota Batu

Di Alun-alun Kota ini, kalo tiap hari minggu pasti rame bangettt!!! Rame warga Kota sendiri, juga Rame para wisatawan. Kegiatannya juga banyak di Alun-alun Kota, ada Senam Aerobik bersama, naik sepeda bersama, sepak bola, badminton, jogging, jalan cepat, cuma nongkrong liat orang senam, narsis dan foto-foto sampai kegiatan kencan bersama juga ada. Buanyakk lahh kegiatannya. Kalo habis olahraga laper ato haus, sudah tersedia pasar minggu yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Mulai makan berat sampai ringan, Makanan sehat sampe junkfood kayak cilok!! Pokoknya kalo di Alun-alun lengkap!!

DSCN1923
senam aerobik bersama~~
“ayoo ibuuuk ibuukkk di goyang pinggulnya!!”
DSCN1869
Naik sepeda bersama
Tapi sepertinya, mereka masih istirahat sambil menikmati cilok bakar

Dari rumah saya ke alun-alun ini deket, paling 15 menit kalo jalan kaki. Dan biasanya saya memang jalan kaki dari rumah kalo mau jogging ke Alun-alun.

Lanjuuttt,!! Mari kita ke Hutan kota~~~

Kalo di Hutan Kota beda lagi. Hutan Kota di kota saya ini, masih baru sodara-sodara, umurnya belum setahun, masih kinyis-kinyis lah!! Di hutan kota lebih sepi daripada Alun-alun. Kebanyakan yang datang ke sini warga sekitar yang sudah tau keberadaan hutan kota ini.

Di hutan kota pemandangannya lebih bagus!! bebas polusi dan tidak bising!! Kalo menghadap ke arah utara bisa lihat gunung Arjuna yang gagah perkasa, kalo lihat ke arah selatan gunung Panderman juga gak kalah cantik~!!! pokoknya kalo di hutan kota ini hati bener-bener ademm tentremm~~ Daerah sekitar hutan kota ini memang bagus banget tempatnya, apalagi kalo bisa bikin rumah sekitar sini, wuuuyyyy~~ JOs gandoss!!

DSCN1858
Hutan Kota
Menghadap ke utara, terpampang nyata Gunung Arjuna
DSCN1836
Menghadap ke selatan, Gunung panderman cettar membahana~~

Kalo ke hutan kota biasanya saya naik sepeda motor sama saudara. Karena kalo mau jogging di hutan kota jalan kaki dari rumah, bisa-bisa saya sudah telerr duluan sebelum jogging, karena dari rumah saya ke hutan kota ini jalan naik-naik ke puncak gunung~!!! maklum lah rumah saya khan di pegunungann~~

Dan tujuan terakhir kita adalahhh~~~ Kampung Tetangga~!!!!

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalo weekday saya jogging keliling kampung, dan kampung sebelah. Kalo ini gak mungkin dong saya foto satu-satu setiap inci jalannya?? Bisa kemporr saya!! Tapi saya akan kasih tau area favorit di sekitar kampung yaitu kampung tetangga.

ENG ING ENG~~~~!!! Ini dia kampung tetangga favorit saya!!

DSCN1901
Kampuang Tetangga paporit
“Ademm, banyak pohonnya dan yang paling penting sepi dari kendaraan bermotor”

Kenapa saya syuukkakk banget sama daerah situ?? karena di daerah sini gak terlalu rame, khususnya kendaraan bermotor, banyak pohonnya dann rumahnya bagus-bagus!! hehehehee~~~ ada rumah yang menurut saya asiikk untuk di tinggali. Saya nge-fans banget sama rumah ini!!

DSCN1903
Ini dia rumahnya~
“Gimana ada yang berminat?? Rumah ini masih kosong, belum berpenghuni. Kalo berminat langsung meluncur ke lokasinya, sendiri. Oke!”

Oke, sekian dulu, acara ngesot bersama saya, melihat keindahan kota Batu #promosi#. hehehe~~ Yaahh, kali ini kalo saya rasa, saya lebih mirip makelar tanah daripada blogger. hehehe~~ Maka dari itu, saya mau curhat lagi.

hehehe miss-bone-260

Dalam waktu 2 tahun ini, hampir 3 tahun, saya bisa dibilang sedang melakukan diet. Enggak diet ketat siihh, karena masih syuukka banget ngemil terutama syooklat. Tapi saya sebisa mungkin makan teratur, ngemil tertaur juga, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Kalo 5 bulan ini saya baru melakukan jogging, yang kemaren-kemaren itu saya rajin renang. Aduuhh ceritanya panjang dehh, makanya baca dulu postingan saya yang Hidup Pada hari ini!! hahahaha~~

Perjalanan diet saya cukup melelahkan sodara-sodara, karena saya diet gak pake minum ini minum itu. Bukannya saya idelalis, tapi percuma saya mengkonsumsi obat-obat diet ato apalah itu, karena GAK MEMPAN!! hahahahaa~~ Sumpil, beneran!!! Saya sudah sering coba minum ini minum itu, turun siihh terus naik lagi. hahahahaaa~~~ Jadinya deehh saya diet alami!! Cukup lama untuk menurunkan berat badan yg diinginkan. Saya setahun baru turun 8 kg. SETAHUN itu!!! Itu pun juga bertahap turunnya. Gak kaya artis-artis kalo diet, mereka sebulan bisa turun sampe 10 kg. Saya sebulan pertama belum keliatan hasilnya. Pertama turun 2 kilo, terus turun 1 kilo, terus turun lagi 2 kilo, terus turun lagi 1 kilo dan turun 2 kilo. hehehe~~~ lama banget yaahh ibu-ibu???? Emmberrrr~~

Tapi dengan terus melakukan pola hidup sehat itu sampai saat ini, saya bisa mempertahankan berat badan saya selama setahun, dan hampir 2 tahun ini. Meskipun saat ini saya masih pengen turun lagi berat badannya. heheheheee

Gak cuma menurunkan berat badan, menaikkan berat badan- kalo ada yang pengen gemuk- coba mulai sekarang melakukan pola hidup sehat. Cuma bedanya kalo orang yang pengen kurus, olahraganya harus lebih banyak dan pola makannya lebih di jaga, kalo yang pengen gemuk, makannya mungkin perlu yang lebih bergizi dan berlemak. Kalo ada yang kurus pengen gemuk, makannya tetep mie instan, tunggu saja, anda pasti akan bakalan kurus. Atau sebaliknya. hehehehe~~ peace untuk semua pecinta indomie dan sarimi isi duaa~~

Satu hal yang bisa saya dapatkan dari pengalaman diet saya ini adalah saya mendapatkan pesan dari Tuhan. Kenapa saya harus diet keras (menjaga makan, olahraga teratur) untuk mendapatkan berat badan yang saya inginkan daripada melalui mengkonsumsi obat diet ato suplemen makanan, dan lain sebagainya itu?? Kenapa saya harus kerja keras, sedangkan orang lain cuma setress saja bisa kurus?? Kadang memang saya berpikiran, “Ahh Tuhan~~~ Kau gak adil!”.
Dan ternyata Tuhan lebih sayang kepada saya, hehehee… Karena itulah Tuhan ingin saya menemukan jawabannya sendiri. Karena Tuhan juga tau saya itu tukang ngeyel, makanya saya harus merasakan dan menemukan sendiri.

Jawabannya,

Karena Tuhan ingin saya tahu, bahwa kerja keras itu nantinya akan membuat kita terus mempertahankan apa yang kita perjuangkan selama ini. Karena kerja keras itu, kita lebih menghargai sebuah perjalanan, sebuah proses, bukan hasilnya. asseekkkk~~~. Dan yang perlu di catat, sesuatu yg naiknya instan, pasti turunnya juga instan. Kalo saya boleh mengumpamakan, setelah di junjung tinggi ke langit, langsung di hempaskan ke bumi!!! hehehehe~

Aahh udah ahh~~ uda banyak banget ini bacotan saya, see ya!!